Rabu, 12 Juni 2019

JUAL KAMBING QURBAN TERJANGKAU? APAKAH BERKUALITAS?


JUAL KAMBING QURBAN TERJANGKAU? APAKAH BERKUALITAS?

Bicara soal kambing, tentu sudah banyak sekali yang menggunakan kambing sebagai hewan qurban, dan kambing juga digunakan untuk Aqiqah. Seperti yang kita ketahui Qurban adalah sebuah ibadah yang memang ditujukan untuk Allah semata, dengan menharapkan ke ridhoan-Nya terhadap hamba-hambanya. Dan bisa disebutkan bahwa ada 3 jenis hewan qurban yaitu unta, sapi, dan juga kambing, dan tentu saja semua memiliki ketentuan-ketentuannya tersendiri. Saat ini masyarakat di Indonesia lebih memilih menggunakan hewan sapid an kambing untuk berqurban.  Salah satu hewan yang paling sering dipilih adalah kambing, sehingga saat menjelang hari raya Idul Adha banyak sekali orang yang  jual kambing qurban dan juga jual sapi qurban. 
Jual Kambing Qurban
Qurban Desa

Salah satu alasan mengapa masyarakat banyak yang memilih kambing sebagai hewan qurban adalah karena hewan kambing memiki harga yang jauh lebih murah daripada sapi. Namun tentu selain karena harganya jauh lebih terjangkau daripada sapi, ketentuan menggunakan kambing sebagai hewan qurban adalah hanya boleh untuk satu orang saja, itu sudah sah dan syar’I yang dikutip oleh  Ibnu Hajar Alhaitami dalam kitabnya “ Tuhfatul Muhtaj fi Syarhil Minhaj “ dan para ulama sudah sepakat bahwa satu ekor kambing yang diperbolehkan untuk satu orang saja dan tidak boleh lebih,
Hal Tersebut juga sudah ditegaskan kembali oleh Imam Nawawi bahwa memang melaksanakan ibadah qurban dengan satu ekor kambing hanya diperbolehkan untuk satu orang saja dan tidak lebih.

SYARAT JUAL KAMBING QURBAN AGAR SAH DAN SYAR’I

Dalam menjual hewan qurban tentunya harus menggunakan ketentuan dan syariat islam, agar sang pembeli dan sang penjual tidak dosa, karena menyembeli hewan qurban yang tidak sesuai dengan syariat islam. Bagi anda yang hendak menggunakan domba sebagai hewan qurban, anda harus menggunakan domba yang berusia 1 tahun, atau bagi anda yang sulit menemukan domba di usia 1 tahun, anda dapat menggunakan domba yang berusia minimal 6 bulan.  Sedangkan untuk kambing biasa, menggunakan hewan kambing yang berusia minimal 1 tahun dan telah memasuki tahun ke 2.
Jual Kambing QurbanSetelah itu, hewan kambing yang akan dijadikan hewan qurban tidak boleh berada di dalam kondisi yang cacat dan aib, karena dapat mengurangi kualitas dari hewa kambing tersebut. Terdapat 4 cacat dan aib yang harus di hindari dalam memilih hewan qurban yaitu : 1) Aura’ atau buta sebelah yang tampak dan terlihat dengan jelas, 2.)’Arja’ atau pincang sebelah yang juga tampak terlihat sangat jelas, 3.) Maridhah atau sakit yang terlihat sangat jelas, 4.)Ajfa’ atau kurus yang terlihat kering, sehingga dapat membuat sum-sum menjadi hilang.
Dan juga, hewan kambing harus disembelih pada waktu setelah sholat Idul Adha hingga matahari terbenam pada hari terakhir hari tasyriq. Dan jika kambing disembelih setelah hari dan wkatu tersebut, maka penyembelihan kambing hukumnya tidak sah.

JUAL KAMBING QURBAN TERJANGKAU, APAKAH BERKUALITAS?

Tentu saja jika anda memilih melakukan ibadah qurban bersama Makna Qurban,  anda akan memiliki banyak keuntungan, selain karena harga kambing dan hewan qurban lainnya yang memiliki harga terjangkau, melakukan ibadah qurban bersama Makna Qurban juga akan membuat ibadah qurban anda menjadi lebih bermakna. Karena Makna Qurban memiliki layanan Qurban Desa, dan juga Qurban Antar dimana jika anda memilih Qurban Desa, maka hewan qurban anda akan diserahkan ke pedesaan dan daging hewan qurban anda akan diberikan kepada masyarakat pedesaan yang tentunya lebih membutuhkan, bermakna sekali bukan? Namun anda tidak perlu khawatir, karena  sudah pasti dokumentasi lengkap, dari mulai proses pemilihan hewan qurban, penyembelihan, hingga penyerahan daging semua lengkap. Dan satu lagi pelayanan dari Makna Qurban adalah qurban antar dimana, hewan qurban yang sudah anda pilih akan diantar ke lokasi yang anda inginkan. 

Dengan Melaksanakan ibadah qurban bersama Makna Qurban tentu saja, akan sangat memudahkan anda. Saat ini segala jenis kebutuhan dan keperluan sudah dapat dengan mudah secara online. Sehingga menjadikan Makna Qurban sebagai wadah bagi seluruh umat muslim di dunia untuk dapat melaksanakan ibadah qurban secara online dan tentu saja syar’i. Makna Qurban adalah unit usaha dari Sun Sierra Indonesia yang berfokus pada wholesale retail hewan qurban, dan anda tidak perlu khawatir, karena Makna Qurban menggunakan hewan qurban yang sah, syar’I dan tentunya sesuai dengan syariat islam, hewan qurban dari Makna Qurban juga berada di bawah pengawasan ahli peternakan dari Universitas Padjadjaran Bandung, jadi sudah pasti hewan qurban yang dimiliki olah Makna Qurban memiliki harga yang terjangkau dan pastinya berkualitas. 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar